Beranda » KEGIATAN YAMAKA » Study Banding Team Penanggulangan HIV/AIDS

Study Banding Team Penanggulangan HIV/AIDS

Direktur Program Team Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih menugaskan 8 (delapan) orang staff untuk melakukan pembelajaran ke NGO atau LSM yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan program penanggulangan HIV/AIDS terutama dalam bidang Harm Reduction (HR). Delapan staff tersebut terdiri dari Manager Program, Koordinator Lapangan, Konselor dan 5 orang Petugas Outreach.

Kamis 12 Maret 2009, pukul 13.00 WIB delapan staff Team Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih tiba di Kantor PKBI Cirebon, Jl. Perjuangan Komplek PDK Blok B No. 49 Cirebon, yang disambut langsung oleh Arip Amin, S.PdI sebagai Direktur PKBI Cirebon serta beberapa staff HR PKBI Cirebon. Setelah melakukan perkenalan, Direktur PKBI Cirebon memberikan gambaran perjalanan program HR yang telah dijalankan oleh HR PKBI Cirebon dari tahun 2004 hingga sekarang, lalu dilanjutkan dengan diskusi diantara staff Team Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih dengan Staff HR PKBI Cirebon untuk menggali lebih dalam mengenai HR. Baik dari sisi pengelolaan manajemen program, maupun dari implementasi program dilapangan dan penguatan team. Pertemuan tersebut berlangsung selama 4 jam.

Pukul 17.00 WIB Team Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih melanjutkan perjalanan ke Bandung dan pukul 21.00 WIB tiba dipenginapan Citra Papan di Jl. Raya Jatinangor – Cikeruh untuk beristirahat. Jumat, 13 Maret 2009 sekitar pukul 07.30 WIB Team Penangulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih menuju ke DIC HR PKBI Jabar, tepat pukul 08.00 WIB tiba di DIC HR PKBI Jabar, Jl. Sanggar Kencana 20 No. 08 Komplek Sanggar Hurip – Bandung. Riki Febrian, SE sebagai Manager Program HR PKBI Jabar serta beberapa staf HR PKBI Jabar, menyambut kedatangan Taem Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih. Kegiatan study banding diawali dengan perkenalan masing-masing staff. Konsultasi serta diskusi di DIC HR PKBI Jabar mengenai pengelolaan manajemen program, maupun dari implementasi program dilapangan dan penguatan team dalam pelaksanaan program HR ini berlangsung sampai pukul 12.00 WIB.

Konsultasi yang dilakukan oleh Team Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kasih ini untuk mengetahui penerapan Program HR baik dari pengelolaan manajemen program, implementasi dilapangan serta penguatan team HR sehingga Yayasan Maha Kasih mendapatkan gambaran untuk menyusun strategi agar lebih baik dalam melaksanakan pelaksanaan program penanggulangan HIV/AIDS. Dalam hal Pengorganisasian Team HR, langkah-langkah yang harus diambil serta meminimalisasikan kendala-kendala yang terjadi dilapangan saat pelaksanaan Program HR.

Setelah melakukan konsultasi dengan PKBI Cirebon dan PKBI Jabar, Team Penanggulangan HIV/AIDS Yayasan Maha Kaih dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai program HR, baik individu maupun team. Dengan bertambahnya pengetahuan dan pemahaman mengenai Program HR tersebut, Yayasan Maha Kasih dapat menggambarkan dan menerapkan strategi pelaksanaan program HR sesuai dengan kondisi dan geografi Kabupaten Kuningan, sehingga dapat meminimalisasi kendala yang akan terjadi dalam implementasi program di lapangan.

 


1 Komentar

  1. sabilla berkata:

    adakah yang berkenan menjadi narasumber di seminar hiv/aids pikma uin sunan gunung djati bandung? jika ada saya harap bisa dikirim contact person nya.. terimakasih

Tinggalkan komentar